mimisan

mimisan

Mimisan bisa terjadi kapan saja dan hal ini sendiri bisa ditangani dengan mudah asalkan anda tahu cara mengatasi mimisanyang tepat. Untuk itu, penting sekali bagi setiap orang untuk tahu akan hal tersebut karena, mimisan bisa terjadi kapan saja. Apa sih sebenarnya mimisan itu? Sobat sekalian, mimisan merupakan keadaan dimana selaput lendir yang berada didalam hidung robek dan akhirnya mengeluarkan pendarahan. Biasanya hal ini disebabkan oleh perubahan cuaca yang ekstrim sehingga, hal tersebut terjadi. Untuk hal ini sendiri bisa ditangani dengan segera dengan beberapa cara yang simple dan tidak perlu menggunakan obat sama sekali. Berikut ini, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan langsung ketika anda mengalami hal tersebut.

Beberapa cara mengatasi mimisan dengan cara yang simple
Ada beragamcara mengatasi mimisanyang bisa anda lakukan sendiri dan kebanyakan, cara-cara tersebut tentunya mudah dilakukan dimanapun dan hanya dengan menggunakan beberapa alat yang simple :
1. Handuk dan es batu
Untuk cara yang pertama, anda bisa menggunakan es batu yang dibungkus dengan handuk. Taruh beberapa buah es batu kedalam handuk. Kemudian, kompres hidung dengan handuk tersebut. Handuk yang dingin bermanfaat untuk menghentikan pembuluh darah dan juga mengecilkan pembuluh darah sehingga, pembuluh darah yang sebelumnya pecah tidak akan berdarah lagi. Lakukan hal ini secara hingga pendarahan berhenti karena, hal tersebut sangat ampuh untuk menjaga agar hidung anda tidak lagi berdarah dan anda bisa terhindar dari masalah mimisan.

2. Daun sirih yang masih muda
Untuk cara mengatasi mimisanberikutnya, anda bisa menggunakan daun sirih yang masih muda. Caranya, cuci bersih daun tersebut dan gulung daun tersebut seukuran dengan lubang hidung anda. Setelah itu, masukkan gulungan daun sirih kedalam hidung anda dan biarkan daun tersebut selama beberapa saat. Jangan lupa untuk menengadahkan kepala dan juga. Daun sirih dikenal akan manfaatnya yang sangat bagus untuk mengecilkan pembuluh darah sehingga, masalah pendarahan yang anda alami bisa berhenti dan darah anda akan tidak lagi mengucur.

3. Tekan cuping hidung anda
Jika anda sedang berada di posisi yang jauh dirumah anda dan tidak ada daun sirih atau benda lainnya maka, anda bisa mempraktekkan cara mengatasi mimisanini. Yang harus anda lakukan adalah, anda perlu memencet daerah cuping hidung anda selama 5 menit dan biarkan cuping hidung anda tertutup. Untuk sementara, anda bisa bernafas melalui hidung dan biarkan hal ini hingga anda merasa tidak ada lagi darah yang keluar. Jika darah masih tetap keluar maka, anda perlu menekannya lebih lama lagi. Hal ini diketahui sebagai salah satu cara efektif yang dapat membantu anda untuk mengatasi masalah mimisan yang sedang anda derita.

4. Cari posisi duduk yang benar
Tanpa anda menggunakan beberapa alat yang sebelumnya, anda juga bisa memberhentikan pendarahan yang dialami dengan duduk di posisi yang benar. Untuk cara mengatasi mimisanini, anda bisa duduk dengan posisi seperti biasa dan membiarkan kepala menengadah. Biarkan hal ini untuk sementara dan anda bisa membiarkan hal tersebut untuk sementara. Setelah itu, anda bisa bergerak dari posisi anda jika anda merasa anda tidak lagi mengalami pendarahan pada bagian hidung anda.

Lewat beberapa cara diatas, anda tentunya tidak perlu lagi panik kala menjumpai seseorang yang sedang mimisan. Untuk itu, anda bisa langsung mengobati teman atau keluarga anda dengan beberapa cara diatas sehingga, orang tersebut akan langsung terobati. Jika mimisan yang dialami bertambah parah dan cenderung muntah darah maka, anda bisa langsung membawanya ke dokter. Muntah darah biasanya merupakan sebuah indikasi jika orang tersebut menelan darah yang biasanya masuk lewat tenggorokan. Untuk itu, penting sekali bagi anda untuk membiarkan orang yang mimisan untuk menengadahkan kepalanya dan mencari beberapa benda yang bisa menghentikan pendarahnnya lewat beberapa cara mengatasi mimisanyang telah disebutkan diatas sehingga, hal tersebut bisa menghentikan mimisan yang dialami dan orang tersebut tentunya bisa bernapas dengan lega mengingat, mimisan bisa menganggu saluran pernapasan.

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *